Lenalicious

"Sedikit yang Kita Ketahui Marilah Kita Bagi, Sedikit yang Kita Bisa Marilah Kita Amalkan"

BIODATA SAYA

November27

Nama : Lena Isnawati

Nama Panggilan : Na

NIM : A24090071

TTL : Bandung, 16 Juli 1991

Departemen : Agronomi dan Hortikultura

Fakultas : Pertanian

Motto : If you want something you’ve never had, you must be willing to do something you’ve never done

Email : lena.isnawati@yahoo.com

posted under Academic | 1 Comment »

AGH Selalu di Hati :D

November27

Siapa saya? Saya adalah seorang mahasiswi IPB jurusan Agronomi Hortikultura.. :) *hanya sekedar intermezzo di awal postingan

begini begini, sebenarnya saya sudah sedikit tahu mengenai AGH, Agronomi dan Hortikultura yang saya pilih pada pilihan pertama di selembar formulir USMI waktu itu.. Lalu, mengapa AGH? Awalnya karena melihat cakupan prospek kerjanya yang cukup luas.. hehe.. Selain itu juga, terkait dengan masalah pertanian yang kian marak terjadi waktu itu,, dan masih kurangnya petani Indonesia yang memiliki pengetahuan memadai untuk mengatasi masalah tersebut.. Lalu, karena memang saya berasal dari keluarga yang hobinya menanam terus di rumah,, huaahh.. apa aja ditanam deh di rumah..

Karena didukung oleh keluarga saya untuk masuk agh, maka saya pilih AGH menjadi my first choice. haha 😀

dan alhamdulillah bisa masuk IPB dengan pilihan pertama itu.. *Horee horee banzaii..

*hanya sekedar cerita selingan nih 😀

Hmm,, teman SMA saya pernah berkata’ “Len, daftar di IPB jurusan apa?”, lalu saya menjawab “AGH, Agronomi dan Hortikultura..”, teman saya bingung, dia berkata sambil tertawa pelan, “Fakultas Pertanian yah? kalau uda lulus, kerjaannya ngapain itu? jadi petani? jual buah gitu??”.. saya hanya bisa diam mendengar pertanyaan yang dilontarkan oleh teman saya itu..

Semester 3.. Awal-awalnya saya masuk jurusan AGH.. Jurusan yang saya pilih.. Tegang sih..  Seperti apa yah jurusan ini? Semua menumpuk di benak seolah-olah menjadi beban yang harus saya tanggung selama 3 tahun ke depan.

Setelah saya berada di jurusan ini.. yah memang benar, amat sangat melelahkan tapi inilah pilihan yang telah saya pilih. Setiap pilihan harus ada konsekuensinya kan??.. Siapa tahu dengan pilihan ini justru adalah awal dari kesuksesan saya nantinya.. amin amin amiiiinnnnn

Memang di jurusan ini kita dituntut untuk terbiasa praktik di lapangan.. Kata orang, AGH identik dengan PETANI.. identik dengan kata HITAM, identik dengan kata KUSAM..

Dulu, jujur saya tidak begitu membanggakan sosok petani.. Tetapi setelah saya mendapatkan mata kuliah Dasar-Dasar Agronomi (Dasgron) dengan praktikumnya yang setengah mati membuat saya mengeluh setiap hari.. menanam 444 benih jagung, merawatnya dan memanennya memang merupakan proses yang melelahkan.. Panas-panasan, kehausan, lelah, semua saya rasakan saat praktikum selama 2 jam 

Dampaknya kulit jadi item, rambut jadi pirang..

Pengalaman ini membuat saya berpikir 2 jam praktikum itu tidak ada apa-apanya dengan waktu yang dihabiskan oleh para petani di lahannya.. betapa capeknya petani yang mati-matian menanam di lahan yang luas (*1000x lebih luas mungkin dari lahan praktikum dasgron) untuk menghidupi orang banyak padahal mereka sendiri pun belum tentu makmur hidupnya dari apa yang sudah mereka tanam, bahkan sudah makan sekali sehari dan asal semua keluarganya sudah makan saja itu sudah cukup bagi mereka..

Selama ini sosok petani selalu diremehkan, padahal kita tidak menyadari merekalah yang menyokong kehidupan kita.. *gak lagi-lagi deh meremehkan sosok petani.. mau makan apa kita kalau tidak ada petani??

Saya menjadi bangga dengan petani , bahkan itu bukan suatu pekerjaan yang memalukan bahkan pekerjaan yang patut kita hargai karena dengan pekerjaan yang mereka lakukan, kita masih bisa hidup sampai sekarang..

Harapan saya nanti ke depannya setelah memasuki AGH ini, semoga saya dan teman-teman bisa meneruskan jasa mereka untuk bisa menghidupi rakyat Indonesia.. *amiiiinn… :)

*Akhirnya saya telah menemukan jawaban untuk pertanyaan teman SMA saya dulu, “Selama rakyat Indonesia masih membutuhkan nasi, lulusan AGH masih sangat dibutuhkan..” 😀

AGH.. FEED THE WORLD !

Referensi saya:

http://www.slideshare.net/Abdi03/petani-indonesia-yang-modern-dan-profesional

http://bangkittani.com/liputan-khusus/menyikapi-permasalahan-pertanian-di-indonesia/

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2010/09/25/1360/petani_kaum_yang_terlupakan/

http://dashort09.wordpress.com/pendahuluan-perkembangan-hortikultura/

http://bangkittani.com/liputan-khusus/menyikapi-permasalahan-pertanian-di-indonesia/

posted under Academic | 7 Comments »

Kumpulan Cerita Singkat Lucu

September17

hemm.. karena saya tipe orang yang humoris dan senang bercanda,, walaupun saya bukan seorang pelawak tapi entah kenapa ketawa itu menjadi bagian terpenting dari kehidupan saya.. haha

nih ada beberapa cerita lucu.. coba dibaca..

Membangunkan Mahasiswa yang Tertidur di Kelas

Seorang dosen sedang berbicara terlalu menjemukan di dalam sebuah kelas ketika ia melihat seorang mahasiswa tidur di barisan belakang.

Dosen itu berteriak kepada mahasiswa lain yang ada di sebelah mahasiswa yang sedang tidur itu, “Hei, segera bangunkan dia!”

Mahasiswa yang duduk di sebelah tadi menjawab, “Anda yang membuat dia tidur, Anda yang harus membangunkan dia!”

Uang Sial Simpanan Tunjangan Hari Raya

Istri : “Pa, kapan dapat THR dari kantor?”

Suami : “Kemarin, kan sudah papa kasihkan mama.”

Istri : “O, yang kemarin itu. kalo uang yang di laci papa itu, apa?”

Suami : “Yang mana?”

Istri : “Dalam amplop coklat yang diselipkan di buku, dalam laci paling bawah.”

Suami : “O, itu. itu uang sial…”

Istri : “Kok, uang sial, pa?”

Suami : “Iya, sudah disembunyikan masih ketahuan juga !!”

Request Via Radio di Bulan Puasa

Seorang pendengar Radio ABCD sedang terlibat percakapan via telepon dengan sang penyiar sekitar jam 4 sore:

Pendengar : “Hallo radio ABCD?”

Penyiar : “Betul, dengan siapa niiiy?”

Pendengar : “Dengan Anggi.. Boleh request gak?”

Penyiar : “Boleh… Anggi mau request apa?”

Pendengar : “Tolong puterin Adzan Magrib dong!!”

Penyiar : “!!!!????”

Menelepon Pemadam Kebakaran

Seorang pria panik dan menelepon pemadam kebakaran dan berkata, “Tolong aku, rumah saya terbakar!”

Petugas pemadam kebakaran mengatakan, “Di mana Anda tinggal?”

Orang itu menjawab, “Saya terlalu panik, aku tidak bisa mengatakan alamat yang tepat!”

Pemadam kebakaran itu bertanya, “Bagaimana Anda mengharapkan kami untuk sampai ke sana?”

Orang itu menjawab, “Apa maksudmu ‘bagaimana’?!! Pakai truk besar warna merah!!”

Bekerja Keras Banting Tulang

Suatu hari Bajuri pulang narik bajaj sampai larut malam, ketika baru sampai di depan pintu nampak Oneng dengan muka cemberut penuh curiga.

Oneng: “Kok Abang pulangnye larut amat sih bang?, Hayoo pasti keluyuran dulu ya?”

Bajuri: “Dasar bini nggak tau diri, laki baru pulang kerja udah diomelin bukannya disambut, disiapin air panas buat mandi. Laki baru pulang kerja banting tulang seharian eeeehh.. ini malah disangka keluyuran.”

Oneng: “Berarti sekarang abang udah nggak narik bajaj lagi bang?”

Bajuri: “Kok nanya gitu?”

Oneng: “Tadi abang bilang seharian kerja ‘banting tulang’, emang kerja banting tulang gajinya lebih gede dari narik bajaj?”

hahahhh.. tunggu postingan selanjutnyaaaa yyaa .. see u
posted under Ngakak.com | No Comments »

..HATI SEORANG AYAH..

September17

Suatu ketika, ada seorang anak wanita bertanya kepada Ayahnya, tatkala tanpa sengaja dia melihat Ayahnya sedang mengusap wajahnya yang mulai berkerut-merut dengan badannya yang terbungkuk-bungkuk, disertai suara batuk-batuknya. Anak wanita itu bertanya pada ayahnya: Ayah , mengapa wajah Ayah kian berkerut-merut dengan badan Ayah yang kian hari kian terbungkuk?” Demikian pertanyaannya, ketika Ayahnya sedang santai di beranda.

Ayahnya menjawab : “Sebab aku Laki-laki.” Itulah jawaban Ayahnya. Anak wanita itu berguman : ” Aku tidak mengerti.”

Dengan kerut-kening karena jawaban Ayahnya membuatnya tercenung rasa penasaran. Ayahnya hanya tersenyum, lalu dibelainya rambut anak wanita itu, terus menepuk nepuk bahunya, kemudian Ayahnya mengatakan : “Anakku, kamu memang belum mengerti tentang Laki-laki.” Demikian bisik Ayahnya, membuat anak wanita itu tambah kebingungan.

Karena penasaran, kemudian anak wanita itu menghampiri Ibunya lalu bertanya :”Ibu mengapa wajah ayah menjadi berkerut-merut dan badannya kian hari kian terbungkuk? Dan sepertinya Ayah menjadi demikian tanpa ada keluhan dan rasa sakit?”

Ibunya menjawab: “Anakku, jika seorang Laki-laki yang benar-benar bertanggung jawab terhadap keluarga itu memang akan demikian.”

Hanya itu jawaban Sang Bunda. Anak wanita itupun kemudian tumbuh menjadi dewasa, tetapi dia tetap saja penasaran.

Hingga pada suatu malam, anak wanita itu bermimpi. Di dalam mimpi itu seolah-olah dia mendengar suara yang sangat lembut, namun jelas sekali. Dan kata-kata yang terdengar dengan jelas itu ternyata suatu rangkaian kalimat sebagai jawaban rasa penasarannya selama ini.

“Saat Ku-ciptakan Laki-laki, aku membuatnya sebagai pemimpin keluarga serta sebagai tiang penyangga dari bangunan keluarga, dia senantiasa akan menahan setiap ujungnya, agar keluarganya merasa aman teduh dan terlindungi. ”

“Ku-ciptakan bahunya yang kekar & berotot untuk membanting tulang menghidupi seluruh keluarganya & kegagahannya harus cukup kuat pula untuk melindungi seluruh keluarganya. ”

“Ku-berikan kemauan padanya agar selalu berusaha mencari sesuap nasi yang berasal dari tetesan keringatnya sendiri yang halal dan bersih, agar keluarganya tidak terlantar, walaupun seringkali dia mendapatkan cercaan dari anak-anaknya. ”

“Kuberikan Keperkasaan & mental baja yang akan membuat dirinya pantang menyerah, demi keluarganya dia merelakan kulitnya tersengat panasnya matahari, demi keluarganya dia merelakan badannya basah kuyup kedinginan karena tersiram hujan dan hembusan angin, dia relakan tenaga perkasanya terkuras demi keluarganya & yang selalu dia ingat, adalah disaat semua orang menanti kedatangannya dengan mengharapkan hasil dari jerih payahnya.”

“Ku berikan kesabaran, ketekunan serta keuletan yang akan membuat dirinya selalu berusaha merawat & membimbing keluarganya tanpa adanya keluh kesah, walaupun disetiap perjalanan hidupnya keletihan dan kesakitan kerap kali menyerangnya. ”

“Ku berikan perasaan keras dan gigih untuk berusaha berjuang demi mencintai & mengasihi keluarganya, didalam kondisi & situasi apapun juga, walaupun tidaklah jarang anak-anaknya melukai perasaannya melukai hatinya. Padahal perasaannya itu pula yang telah memberikan perlindungan rasa aman pada saat dimana anak-anaknya tertidur lelap. Serta sentuhan perasaannya itulah yang memberikan kenyamanan bila saat dia sedang menepuk-nepuk bahu anak-anaknya agar selalu saling menyayangi & mengasihi sesama saudara.”

“Ku-berikan kebijaksanaan & kemampuan padanya untuk memberikan pengetahuan padanya untuk memberikan pengetahuan & menyadarkan, bahwa Istri yang baik adalah Istri yang setia terhadap Suaminya, Istri yang baik adalah Istri yang senantiasa menemani & bersama-sama menghadapi perjalanan hidup baik suka maupun duka, walaupun seringkali kebijaksanaannya itu akan menguji setiap kesetiaan yang diberikan kepada Istri, agar tetap berdiri, bertahan, sejajar & saling melengkapi serta saling menyayangi.”

“Ku-berikan kerutan diwajahnya agar menjadi bukti bahwa Laki-laki itu senantiasa berusaha sekuat daya pikirnya untuk mencari & menemukan cara agar keluarganya bisa hidup di dalam keluarga bahagia & BADANNYA YANG TERBUNGKUK agar dapat membuktikan, bahwa sebagai laki-laki yang bertanggungjawab terhadap seluruh keluarganya, senantiasa berusaha mencurahkan sekuat tenaga serta segenap perasaannya, kekuatannya, keuletannya demi kelangsungan hidup keluarganya. ”

“Ku-berikan Kepada Laki-laki tanggung jawab penuh sebagai Pemimpin keluarga, sebagai Tiang penyangga, agar dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. dan hanya inilah kelebihan yang dimiliki oleh laki-laki, walaupun sebenarnya tanggung jawab ini adalah Amanah di Dunia & Akhirat.”

Terbangun anak wanita itu, dan segera dia berlari, berlutut & berdoa hingga menjelang subuh. Setelah itu dia hampiri bilik Ayahnya yang sedang berdoa, ketika Ayahnya berdiri anak wanita itu merengkuh dan mencium telapak tangan Ayahnya. “AKU MENDENGAR & MERASAKAN BEBANMU, AYAH.”

Dunia ini memiliki banyak keajaiban, segala ciptaan Tuhan yang begitu agung, tetapi tak satu pun yang dapat menandingi keindahan tangan Ayah…

With Love to All Father

Note: Berbahagialah yang masih memiliki Ayah. Dan lakukanlah yang terbaik untuknya…. ……… ……… ……… …..

Berbahagialah yang merasa sebagai ayah. Dan lakukanlah yang terbaik buat keluarga kita…….. ……… ………

posted under Renungan | No Comments »

Mithologi Yunani sampe Anti Virus

September17

Penemu pesawat terbang Orville Wright dan Wilbur Wright bukanlah orang yang pertama bermimpi untuk bisa terbang, pernah mendengar Icarus? sebuah sejarah Mithologi Yunani.

Icarus adalah seorang anak yang dijebloskan kedalam penjara di pulau Kreta bersama ayahnya Daedalus oleh raja Minos, mimpi itu datang ketika ia memutar otak bagaimana caranya keluar dari penjara tersebut. Maka ia memutar otak bersama ayahnya mencoba berbagai cara untuk terbang. akhirnya sang ayah memiliki ide, Sang Ayah membuatkannya sayap. Bulu-bulu garuda pun dihimpun dan ditata, dan akhirnya sepasang suwiwi besar pun jadi, direkatkan dengan lilin ke tubuh si anak.

Daedalus, adalah seorang ayah biasa yang hidup di dunianya, Dunia penuh pertimbangan, kekhawatiran, normatif dan penuh curiga serta ketakutan. Ayah ikrus juga seperti para orang lainya, ia sadar sang anak tak bisa terbang, karena hanya burung yang memiliki sepasang sayap, ia pernah mengalami fase yang dialami sang anak; ketika dunia adalah batas pikir dari ruang yang disaksikanya, masa itu adalah ”gelora kebebasan”, namun Ayahnya juga sadar meredam impian seorang anak muda adalah sebuah pembunuhan masa depan, pembantaian nalar sekaligus penghancuran satu generasi. Berkat kesadaran itu, ia mengambil langkah yang begitu kontras dengan membuatkan sepasang sayap dari lilin bagi ikarus sembari ber ujar ”terbang dan kejar impianmu”! maka sang ayah berpesan : jangan terbang terlalu tinggi karena matahari akan melelehkan lilin di sayapmu; juga jangan terlalu rendah karena gelombang akan melengketkan kapas-kapas itu.

Bersama Ayahnya Ikarus berangkat ke puncak Gunung yang tinggi, kaki ikarus bergetar ketakutan melihat ketinggian, ia takut akan terjatuh, Ikarus muda sadar impian itu begitu berat dan penuh resiko. Sang Ayah tahu ikarus bimbang, cemas dan mulai ragu pada keinginannya, namun ia juga sadar ”bahwa impian penuh resiko adalah proses menjadi dewasa”. Maka dengan bijak ia berkata pada ikarus ”kalau engkau pernah punya harapan, jangan membunuhnya karena resiko yang belum tentu berbahaya”.
Maka ikarus meluncur dari puncak gunung, ia merasakan terbang di angkasa, melihat para petani yang sedang sibuk bekerja disawah, mengambil jarak dari dunia walau sejenak, dan akhirnya seperti dugaan semua orang ikarus akhirnya terjatuh ditengah pematang!
Ikarus terbang makin tinggi. Ia mengabaikan pesan Daedalus, ayahnya sendiri: jangan terbang terlalu tinggi karena matahari akan melelehkan lilin di sayapmu; juga jangan terlalu rendah karena gelombang akan melengketkan kapas-kapas itu. Dan Ikarus terbang makin tinggi hingga panas itu melumat sayapnya. Ia jatuh dari langit menembus samudra dan mati di dasarnya. Tapi orang mengingat Ikarus sebagai anak muda yang cergas dan tak gampang menyerah. Orang akan mengingat anak muda dari Kreta itu jika merayakan ide mula-mula manusia bisa terbang.

Nah, pada tahun 1555 Brueghel Yang Tua melukis adegan itu. Dalam Lanskap dengan Kejatuhan Ikarus, perupa termasyhur Belanda abad ke-16 itu tak memaparkan sebuah kecelakaan yang menyedihkan ataupun sebuah peristiwa yang dramatik.
di lukisan itu terlihat ada petani yang dengan santainya menggarap ladanganya, penggembala dengan seriusnya menggiring ternaknya, dan kapal tetap berlayar seperti biasa dan tidak ada yang aneh..padahal ikarus baru saja jatuh terjerembab…

Banyak hal yang bisa kita ambil dari kisah icarus ini, jangan menyerah dengan sebuah mimpi, saking terinspirasinya dengan kisah Icarus ini, banyak hal yang akhirnya memakai nama ikarus seperti bis di budapest yang juga di sebut Ikarus..

ikarus pun menjadi salah satu nama antivirus,
terbaik ke-10 setelah Kaspersky

Nama AntiVirus Terdeteksi
Prosentase
WebWasher (gateway product only) 1023742 99,9%
AVK 2008 1022418 99,8%
AntiVir 1020627 99,6%
Avast! 1018204 99,4%
Trend Micro 1009662 98,6%
Symantec 1006849 98,3%
AVG 1005006 98,1%
BitDefender 1003902 98,0%
Kaspersky 1003470 98,0%
Ikarus 1002894 97,9%
Sophos 1001655 97,8%
F-Secure 999806 97,6%
Microsoft 992880 96,9%
F-Prot 986961 96,3%
Panda 979409 95,6%
posted under FunFact | No Comments »

Cegukan atau Hiccups

September17

kemaren-kemaren pas lg ngobrol asik-asik tiba-tiba.. hiks, hiks (aduh kok jd kyk nangis yah?? gimana dunk suara orang cegukan??) http://www.emocutez.com …yah pokoknya ceritanya saya lagi cegukan, truz diketawain sama temen-temen, ckckkckck.. malunya.. dan sungguh cegukan itu capek.. fiuhhh…

penasaran banget sebenernya cegukan itu awalnya gimana sih? kok bisa tiba-tiba terjadi.. dan akhirnya saya buka om wiki dan dapet deh klo ternyata..

Cegukan itu adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Udara yang tiba-tiba lewat ke dalam paru-paru menyebabkan glottis (ruang antara pita suara) menutup, serta menyebabkan terjadinya suara hik. Cegukan umumnya akan selesai dengan sendirinya, meskipun ada beberapa pengobatan rumah tangga (home remedy) untuk mempercepat cegukan, dan ada beberapa pengobatan yang dibutuhkan. Istilah medis untuk cegukan adalah singultus

nah penyebab cegukan (bahasa kerennya: hiccups) itu antara lain:

  • *makan terlalu cepat
  • *minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas
  • *makan makanan yang sangat panas atau pedas
  • *tertawa atau batuk terlalu keras
  • *kelebihan minuman beralkohol
  • *karena keseimbangan elektrolit
  • *cegukan dapat pula disebabkan karena tekanan saraf frenik oleh struktur anatomi yang lain, atau karena tumor dan penyakit ginjal lainnya, meski hal ini jarang terjadi. American Cancer Society melaporkan bahwa 30% pasien kemoterapi menderita cegukan sebagai efek samping perlakuan. ( serem ajah yg terakhir ini)

nah tips untuk mengobati si cegukan atau hiccups ini adalah :

  • ~Meminum air hangat
  • ~Tarik dan buang nafas, kemudian tampung di dalam kantong atau kertas tertutup selama kurang lebih 1 menit. Hidung dan mulut masuk ke dalam kantong tersebut. Maksudnya adalah untuk menahan dan meningkatkan CO2, sebab menurunnya jumlah CO2 dalam darah bisa menyebabkan cegukan. Setelah 1 menit, Anda bisa beristirahat dan kemudian mengulangnya kembali.
  • ~Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.
  • masih gak mempan? coba cara aneh ini…Menarik lidah atau menggosok bola mata secara perlahan.

Masih kata om wiki….klo ternyata ada rekor cegukan terlama yaitu selama 68 tahun! yaitu antara tahun 1922-1990! dipegang oleh Charles Osborne yg hidup antara thn 1894-1991. cegukan/hiccups itu dimulai pada tahun 1922 dengan frekuensi 40x/menit melambat menjadi 20x dan akhirnya berhenti pada bulan februari 1990 dengan total waktu selama 68 tahun!! http://www.emocutez.com

padahal,

Cegukan jenis ini disebut cegukan tetap yang biasanya terjadi terus-menerus, tak hanya berhari-hari tapi bisa berbulan-bulan. Cegukan jenis ini merupakan gejala adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena urenia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

jadi bagaimana bunyi cegukan mu??…

Begadang Jangan Begadang..

September17

Hai guys..

Tau kan lantunan Bang H.Rhoma Irama, “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya.. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.”
Bukan bermaksud untuk bernyanyi ala Rhoma Irama.. hahhaa.. tapi ternyata apa yang di petuahkan bang haji roma ini bukanlah petuah belaka. Saya termasuk orang yang sangat rajin begadang, kayaknya hal yang aneh kalo jam 9 malem saya udah tidur ., huhuu.. Menurut penelitian, ternyata begadang itu banyak efek buruk nya :

1. DAYA TAHAN TUBUH MELEMAH
Begadang akan menyebabkan fungsi otak tak lagi memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Hal ini akan sangat menggangu keseimbangan sistem metabolisme dan regenerasi sel-sel tubuh. Para ahli kesehatan kurang tidur juga akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh seseorang hingga mudah sekali terserang penyakit.http://www.emocutez.com

2. BERISIKO TERKENA STROKE DAN PENYAKIT JANTUNG

Menurut Kazuo Eguchi dari Universitas Medis Jichi yang dikutip dari Jurnal Asosiasi Medis Amerika menyimpulkan bahwa bergadang dapat memicu serangan jantung dan menimbulkan stroke. Dalam penelitian itu ditemukan 99 kasus penyakit kardiovaskuler pada orang yang kurang tidur dalam 7,5 jam. Tak hanya itu, tekanan darah mereka juga naik pada malam hari dan merasa sakit pada jantung. Hasil penelitian lainnya dari American Academy of Sleep Medicine (AASM) lewat juru bicaranya sanjeev Kothare, MD, menyampaikan bahwa begadang dapat menyebabkan seseirang menjadi suka ngemil. Tentu saja ngemil makanan instan itu enggak sehat. Beresiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah yang juga mengakibatkan kolestrol. Nah jadi jika kolestrolmu tinggi, bisa berdampak stroke berapapun usiamu.
http://www.emocutez.com

3. MEMPENGARUHI TINGKAT KESTABILAN EMOSI

Secara medis ketenangan atau kondisi rileks ditandai dengan pelepasan endorphin dari dalam tubuh. Begadang dapat menyebabkan pelepasan hormon tersebut tidak sempurna. Sehingga susunan saraf pusat yang mengatur emosi seseorang pun terganggu. Ia biasanya menjadi sangat sensitif dan hidupmua terasa kacau saja bawaanya. http://www.emocutez.com

4. HATIHATI DENGAN KEGEMUKAN
Hasil penelitian Unoversitas Otago, Selandia Baru, menyebutkan begadang juga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Awalnya tubuh yang tak bugar akan membuat seseorang enggan melakukan aktifitas fisik. Kalori dalam tubuhpun menjadi menimbun menjadi lemak. Selain itu juga, begadang pun akan memicu hormon yang meningkatkan keinginan makan.http://www.emocutez.com

5. MEMICU RESIKO DIABETES DAN DARAH TINGGI

Di dalam tubuh seseorang ada yang disebut dengan sekresi alias pengeluaran hormon insulin yang berfungsi untuk memecah gula. Begadang bisa menyebabkan hormon ini melemah dan bekerja secara tidak sempurna. Menurut riset yang dilakukan oleh University of Chicago, Amerika serikat keseimbangan metabolisme tubuh akan terganggu jika kamu begadang selamu 3 hari berturut-turut. Gula yang harusnya diubah menjadi energi menumpuk dalam darah. Tingginya kadar gula dalam darah itulah yang menyebabkan Diabetes mellitus. Tak hanya beresiko diabetes mellitus, tekanan darah tinggi juga jadi resikonya.http://www.emocutez.com

6. MEMICU PENUAAN DINI/KERIPUT DI KULIT

Bukan menjadi rahasia lagi kalau peremajaan kulit berlangsung saat tidur. bayangkan jika kamu begadang proses ini pastinya akan terganggu.http://www.emocutez.com

Nah, Allah telah menciptakan kita dengan sangat sempurna, tubuh kita pun memiliki jadwal yang ketat pada malam hari, jadi sebenarnya jadwal ini jangan di ganggu gugat, nanti bisa fatal akibatnya..

ini dia jadwal nya..

1. Malam hari pk 9 – 11 : Adalah pembuangan zat- zat tidak berguna / beracun(de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. jika pada saat jam-jam tersebut kita melakukan kegiatan yang terlalu berat atau membutuhkan konsentrasi akan berdampak negati bagi kesehatan.http://www.emocutez.com

2. Malam hari pk 11 – dini hari pk 1 : Saat proses de-toxin di bagian hati,harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.http://www.emocutez.com

3. Dini hari pk 1 – 3 : Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

4. Dini hari pk 3 – 5 : De-toxin di bagian paru-paru.Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini.Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

5. Pagi pk 5 – 7 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.6. Pagi pk 7 – 9 :
Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil,harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini,bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna.

Selain itu,dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah..

Jadi masih mau sering-sering begadang???http://www.emocutez.com

Saya kapok.. :'( gag lagi-lagi dech begadang.. janji janjii janjiii.. :( kalian juga yahh…

Sadarkah kita??

September16

postingan saya berikutnya ini hanya berisi renungan dan sedikit pesan.. 😀


Sedikit menyadarkan kalian bahwa kita dilahirkan dengan dua mata di depan, karena  seharusnya kita melihat yang ada di depan. Kita lahir dengan dua telinga, satu di kiri dan satu di kanan sehingga kita dapat mendengar dari dua sisi. Menangkap pujian maupun kritikan, dan melihat mana yang benar.

Kita dilahirkan dengan otak tersembunyi di dalam tengkorak kepala. Sehingga betapapun miskinnya kita, kita tetap kaya. Tak seorang pun yang dapat mencuri isi otak kita, yang lebih berharga dari segala permata yang ada.

Kita dilahirkan dengan dua mata, dua telinga, namun cukup dengan satu mulut. Agar kita lebih banyak melihat dan mendengar dari pada berbicara. Karena mulut adalah senjata yang tajam, yang dapat melukai, memfitnah, bahkan membunuh.

Kita dilahirkan dengan satu hati, yang mengingatkan kita untuk menghargai dan memberikan cinta kasih dari dalam lubuk hati. Belajar mencintai dan menikmati dicintai, tetapi jangan mengharapkan orang lain mencintai anda dengan “cara” dan “sebanyak yang sudah anda berikan”.

Berikanlah cinta “tanpa mengharapkan balasan”. Kedengarannya seperti hal yang sulit dan terkesan munafik bukan? Namun jika anda dapat menyingkirkan kemunafikan itu dan menjalaninya maka anda akan menemukan bahwa hidup ini akan menjadi lebih indah.

setuju setuju?? 😀

posted under Renungan | 1 Comment »

sekedar selingan (my first posting) “BANGGA DENGAN PETANI” :D

September15

selamaatt malam para penonton blog saya :) :)

saya Lena Isnawati,, seorang mahasiswi IPB jurusan Agronomi dan Hortikultura.. Well, i’m just an ordinary student in the extraordinary institute.. 😀 tapi mencoba untuk menjadi luar biasa boleh kan?? .. upps ini hanya sekedar intermezzo sedikit di awal postingan yang baru saya buat ini..

hemm.. saya bingung ini mao cerita apa.. karena saya tidak pandai bercerita walaupun banyak kejadian yang saya sering alami tapi bingung untuk menuliskannya :o.. ini awal saya memposting berhubungan dengan tugas praktikum penkom.. xixiii 😀

bercerita tentang pengalaman saya masuk jurusan aja yah?? hehhe.. begini begini, sebenarnya saya sudah sedikit tahu mengenai AGH, Agronomi dan Hortikultura yg saya pilih pada pilihan pertama di selembar formulir USMI waktu itu.. waktu pertama kalinya saya dapat praktikum dasgron, itu pertama kalinya saya terjun ke kebun Leuwikopo untuk menanam jagung.. astagfirullaahh 444 benih jagung yang harus ditanam oleh lima orang.. ckckkck.. bukan hanya menanam benih saja, tapi melubangi bidang tanam,, lalu menaburkan benih, memberi insektisida di setiap 444 lubang tanam, membuat alur pupuk di sekeliling baris tanaman, menaburkan pupuk,, itu menurut saya sudah sangat-sangat merepotkan, apalagi di hari pertama saya tidak membawa topi, dan ternyata berdampak buruk bagi saya.. kulit belang jadinya,  terasa sangat melelahkan menanam sekian banyak benih padahal area lahan menurut saya tidak terlalu luas memang.. karena 1 kebun itu dibagi beberapa lahan untuk beberapa kelompok.. dan hari itu benar-benar memginspirasi saya untuk mengagumi sosok petani..

Maaf kalau saya out of Topic,, hehehee,, tapi memang tujuan saya ini.. membanggakan sosok petani :)  petani yang selalu menanam untuk memberi makan kita setiap harinya.. memberi makan seluruh orang di dunia.. subhanallah sekali, mereka tidak pernah lelah padahal saya dan teman-teman yg menanam jagung kemarin naudzubillah capeknya.. gak lagi lagi deh ngeremehin petani dan pekerjaannya.. apalagi setelah saya mengetahui salah satu anggota kelompok saya berasal dari keluarga petani di Merauke.. tau kan Merauke dimana?? yya, di wilayah bagian timur Indonesia nun jauh disana..  saya melihat dia sudah terbiasa dan tidak canggung memegang cangkul dibandingkan dengan saya dan anggota lainnya yg terkadang sering mengeluh karena lelah.. hmm,, ckup menarik dan menantang sekelompok dengannya, bukan apa-apa tapi saya jadi merasa tersaingi dan bisa belajar dari pengalamannya.. sungguh takjub dengannya..

Pengalaman ini membuat saya berpikir betapa capeknya petani yang mati-matian menanam di lahan yang luas (*1000x lebih luas mungkin dari lahan praktikum dasgron) untuk menghidupi orang banyak padahal mereka sendiri pun belum tentu makmur hidupnya dari apa yang sudah mereka tanam, bahkan sudah makan sekali sehari dan asal semua keluarganya sudah makan saja itu sudah cukup bagi mereka..Bangga sekali dengan petani, bahkan itu bukan suatu pekerjaan yang memalukan bahkan pekerjaan yang patut kita hargai karena dengan pekerjaan yang mereka lakukan, kita masih bisa hidup sampai sekarang..

saya rasa cukup sampai disini karena saya tidak ingin membuat para penonton blog saya bengong karena bosan dengan postingan ini.. hehehe,, dan sudah cukup juga saya melampiaskan rasa bangga saya terhadap para petani di Indonesia karena merekalah yang membuat kita masih bisa hidup di dunia ini, memberi kita makanan pokok (baca: nasi) untuk mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas, entah itu berlari, kuliah, dll..

tuh kan keterusan nih ngetiknya.. uda deh,, nanti kalau dilanjutkan ini postingan bisa setebal novelnya JK.Rowling 😀

satu pesan yang bisa saya sampaikan pada akhir cerita ini adalah selalu banggakan dan cintailah pertanian :) :)

sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya..

kalo penonton tidak bosan diharapkan untuk menunggu postingan saya selanjutnya.. keep waiting *sampai keriting..

konbanwa :)

selamat malam.. 😀

posted under Penkom | 1 Comment »